Mantan Ajudan Tewas, Susno Kehilangan Satu Saksi Meringankan

tv1one


Tewasnya Ipda Anjar Saputro (45) membuat pihak Komjen Susno Duadji kehilangan satu saksi yang meringankan. Pasalnya, mantan ajudan Susno itu rencananya akan dihadirkan pihak Susno untuk bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Dia calon salah satu saksi yang akan kita hadirkan," ucap M Assegaf, penasihat hukum Susno saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/10/2010), ketika dimintai tanggapan dampak tewasnya Anjar.

Assegaf mengatakan, pihaknya menilai kesaksian Anjar sangat penting karena almarhum banyak mengetahui tentang keseharian Susno. Anjar sudah menjadi ajudan sejak Susno menjabat Kepala Polda Jawa Barat hingga Kepala Bareskrim Polri. "Ajudan bisa diharapkan berika kesaksian yang meringankan Susno," kata dia.

Seperti diketahui, Susno dijerat dua perkara yakni dugaan korupsi terkait kasus PT Salma Arowana Lestari (PT SAL) senilai Rp 500 juta. Susno didakwa menerima uang itu dari Sjahril Djohan saat menjabat Kabareskrim Polri tahun 2009. Uang itu diberikan Haposan Hutagalung agar kasus yang dilaporkan kliennya, Ho Kian Huat, segera ditangani penyidik Bareskrim Polri.

Kasus lain yakni dugaan korupsi dana pengamanan Pemilukada Jawa Barat tahun 2008 sekitar Rp 8,5 miliar. Saat itu Susno masih menjabat Kepala Polda Jabar. "Apakah peristiwa itu benar, itu lah yang kita harapkan dijelaskan oleh orang-orang di sekitar Susno," kata Assegaf.

Apa pihak Anda memiliki saksi yang meringankan lain? "Kita punya saksi-saksi lain yang saya kira tidak bisa diungkap sekarang. Pada saatnya kita munculkan," jawab Assegaf.

"Mengenai tewasnya Anjar, kita harus berprasangka baik dulu bahwa yang dikabarkan (polisi) itu kecelakaan. Hanya karena kebetulan dia ajudan Susno maka timbul dugaan-dugaan. Kita tidak dalam posisi mau berspekulasi bahwa itu sengaja ditubruk atau lainya. Tapi itu punya pengaruh terhadap perkara Susno memang benar," jelas dia.

Seperti diberitakan, Anjar mengalami kecelakaan lalu lintas di daerah Parung Bogor, pada Kamis (14/10/2010) lalu. Kecelakaan terjadi saat Anjar yang mengendarai sepeda motor hendak mendahului angkutan umum. Anjar kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Dari arah berlawanan sebuah kendaraan roda empat jenis Mitsubishi L300 melaju dan melindas Anjar.

• KOMPAS

Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner


Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template