Kapolri Harus Rangkul Ormas Garis Keras

tv1one


Ketua PBNU Slamet Effendi Yusuf berharap Kapolri yang baru, Komjen Timur Pradopo, bisa merangkul organisasi-organisasi garis keras. Harapan itu disampaikan mengingat selama ini organisasi garis keras kerap diasingkan.

dirangkul dan diajak berdialog sehingga ada titik temu dan menjelaskan kalau NKRI ini plural," ujar mantan politisi dari Partai Golkar ini saat ditemui di acara Global Peace Leadership Conference di Hotel Grand Melia Jakarta, Sabtu (16/10/2010).

Sejauh ini organisasi-organisasi garis keras, menurut Slamet Effendi, tidak milik Islam semata. Organisasi garis keras juga ada di agama lain dan itu harus diperhatikan.

"Kapolri ke depan harus bisa mengajak mereka duduk bersama dan berbicara soal toleransi dan perdamaian. Yang penting jangan diasingkan atau dikucilkan. Direkrut semua, diajak semua untuk berbicara mainstream soal kebangsaan," katanya.

Menurut Slamet, kemunculan aksi kekerasan selama ini lebih karena kurangnya komunikasi antara pihak yang berwajib dan pemerintah kepada rakyat bawah. Hal tersebut terasa lebih karena pemerintah saat ini hanya fokus berbicara soal politik dan jabatan.

"Banyaknya gesekan dan aksi-aksi kekerasan karena faktor ekonomi dan banyaknya kemiskinan karena harga-harga mahal. Jadi, ini menjadi PR pemerintah," ujar Slamet. (Tribunnews/Yoni)

• KOMPAS

Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner


Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template