Calon Kapolri Diserahkan ke DPR Sore Ini

tv1one

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menyerahkan nama calon Kepala Polri ke DPR RI, Senin (4/10/2010) sore.

Hal itu diungkapkan Ketua DPR RI Marzuki Alie dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Minggu (3/10/2010).

Sebagaimana diberitakan, SBY akan menyerahkan ke DPR nama calon Kapolri untuk menggantikan Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri yang segera pensiun.

Adapun dua nama yang disebut-sebut sebagai calon kuat adalah Komjen Nanan Sukarna dan Komjen Imam Sudjarwo.

Nanan Sukarna saat ini menjabat Inspektur Pengawasan Umum Polri, sedangkan Imam—yang baru saja dinaikkan pangkatnya—menduduki posisi Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian. Imam banyak bertugas di Brimob.

Masih dalam proses
Secara terpisah, Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, ketika dihubungi di Jakarta, Minggu, mengatakan, saat ini Kepala Negara masih dalam proses untuk mengajukan nama calon Kapolri pengganti Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri.

“Sementara masih dalam pertimbangan Presiden. Presiden akan menyampaikan usulan kandidat Kapolri kepada DPR dalam waktu yang tepat,” katanya.

Sebelumnya dalam konferensi pers di Kantor Presiden, pekan lalu, SBY mengatakan akan menyampaikan usulan nama calon Kapolri kepada DPR pada awal Oktober. Presiden juga meminta agar proses pemilihan Kapolri yang baru tidak ditarik ke ranah politik.

Saat itu SBY juga membantah bahwa satu calon Kapolri adalah besannya. “Saya prihatin, beberapa hari ini, dinamika di lingkungan masyarakat tentang rencana penggantian Kapolri yang menurut saya tidak tepat. Saya bersyukur saat pencalonan Panglima TNI semua hormati proses dan tidak ada manuver apa pun yang timbulkan kesan dan isyarat keliru pada masyarakat,” katanya.

• KOMPAS

Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner


Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template