SBY Kirim Nama Calon Kapolri ke DPR Awal Oktober

tv1one

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengajukan satu nama calon Kapolri ke DPR pada Minggu (3/10) guna Uji Kelayakan dan kepatutan.

"Setelah nama calon Kapolri diajukan Presiden, pimpinan DPR akan segera melakukan rapat pimpinan untuk mempersiapkan pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan," kata Ketua DPR, Marzuki Alie menjawab pertanyaan pers di Gedung DPR RI di Jakarta, Selasa, (28/9).

Pimpinan akan segera melakukan rapat pada Senin (4/10) dan meminta kepada Komisi III (hukum) untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan, jelas Marzuki.

Ketika ditanya siapa calon Kapolri yang akan diajukan Presiden, menurut Marzuki, dirinya tak tahu karena hal itu merupakan hak prerogatif Presiden.

Ketika ditanya apakah nama calon Kapolri yang diajukan oleh Presiden adalah salah satu dari dua nama perwira tinggi polisi yang nama dudah beredar disebut-sebut sebagai calon Kapolri, menurut Marzuki, dirinya belum tahu.

Demikian juga ketika ditanya apakah ada kemungkinan nama lain yang akan diajukan Presiden, Marzuki juga mengatakan, dirinya belum tahu.

"Saya tidak bisa menyebutkan siapa nama calon yang akan diajukan Presiden, tapi yang bisa saya katakan adalah Presiden akan taat azas," kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini.

Menurut Marzuki, DPR selalu siap melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Kapolri dan sesuai dengan tata tertib DPR, Komisi III akan segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan setelah diminta oleh pimpinan DPR.

Sampai saat ini, beredar dua nama perwira tinggi polisi yang disebut-sebut sebagai calon Kapolri yakni Komisaris Jenderal Nanan Sukarna dan Komisaris Jenderal Imam Sujadrwo.

Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mengingatkan agar Presiden segera mengajukan nama calon Kapolri karena Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri akan pensiun pada Oktober ini.

"Saya mengingatkan agar Istana segera menyampaikan surat pengajuan nama calon Kapolri ke DPR, sehingga DPR mempunyai waktu yang cukup untuk memprosesnya melalui mekanisme konstitusi," kata Priyo.

Menurut dia, dari dua nama yang tekah disebut-sebut sebagai calon Kapolri, keduanya mempunyai reputasi dan bisa disebut sebagai "the best sons of the country" dalam konteks Polri. Siapapun yang akan diajukan Presiden, kata dia, akan mendapat apresiasi dari DPR. (Ant)

(TVONE)

Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner


Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template