RI-Malaysia Bentuk Forum Kelola Perbatasan Negara

tv1one

Pemerintah Indonesia bersama pemerintah Malaysia sepakat membentuk forum baru untuk mengelola perbatasan kedua negara, tanpa membawa masalah tersebut ke forum internasional.

Menurut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Sri Hanifah Aman pada Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, 28 September 2010.

"Malaysia setuju dengan usulan Indonesia agar dibentuk forum baru, forum pengelolaan perbatasan kedua negara. Jadi, bukan saja membahas delimitasi perbatasan melainkan juga masalah pengelolaan perbatasan," ungkap Marty di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (30/9)

Forum tersebut Menurut Marty, akan membahas masalah-masalah menyangkut hubungan antar masyarakat perbatasan kedua negara akan dibahas dalam forum tersebut, meliputi soal keamanan, lingkungan, dan perdagangan lintas batas.

Meski demikian, belum bisa dipastikan waktu efektif forum pengelolaan perbatasan Indonesia-Malaysia karena baru digagas beberapa hari lalu.

Pemerintah Indonesia akan melibatkan Kementerian Polhukam, Kementerian Dalam Negeri, Kepolisian, TNI, dan juga lingkungan hidup dalam forum baru itu.

Kedua negara pun sepakat mendahulukan masalah perbatasan di kawasan Laut Sulawesi dan Selat Singapura.

Sementara itu terkait perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia, Marty mengatakan, Menlu Malaysia telah berkomitmen untuk menghukum swarganya yang bertanggungjawab atas kejahatan terhadap WNI. "Kedua negara pun sepakat untuk mempercepat pembahasan nota kesepahaman tentang perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia," tambahnya.

Indonesia dan Malaysia pun mencapai kesepakatan untuk tidak membawa masalah perbatasan ke forum internasional. (Ant)
(ANTARA News)

Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner


Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template