Ini Cerita Hendarman Saat Dipanggil Presiden SBY

tv1one

Mantan Jaksa Agung Hendarman Supandji mengaku menerima informasi pertama kali soal pencopotannya dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tadi malam. SBY memberitahu Hendarman di sebuah tempat di Padalarang.

"Sebelumnya, saya pulang kantor pukul 19.30 WIB dan terima telepon dari ajudan Pak Presiden. Saya diminta menghadap Presiden malam itu juga di Padalarang," ungkap Hendarman di rumah dinasnya, Jalan Denpasar Nomor 12A, Jakarta Selatan, Sabtu 25 September 2010.

Tanpa membuang waktu, Hendarman pun tancap gas ke Padalarang, tempat Presiden bermalam sebelum menuju Tasikmalaya, Jawa Barat. Sampai di lokasi sudah sampai pukul 22.30 WIB. Setelah menunggu sebentar, Handarman diterima Presiden SBY.

Saat itu, ungkap dia, Presiden menyampaikan bahwa akan ada pergantian Jaksa Agung. Presiden juga menyampaikan, "Mungkin Pak Hendarman sudah mengetahui keputusan MK. Beliau juga menanyakan bagaimana pendapat saya atas putusan MK itu."

Hendarman saat itu mengaku menyarankan agar Presiden segera mengeluarkan Keputusan Presiden soal pemberhentiannya. "Sebab kalau tidak nantinya malah menimbulkan kegaduhan politik. Meski dalam putusan itu tidak ada kata segera mengganti, tapi menurut saya sesegara mungkin itu lebih bagus," katanya.

Hendarman diberhentikan sebagai jaksa agung terhitung sejak Jumat 24 September 2010. Untuk mengisi kekosongan posisi jaksa agung, Presiden menunjuk pelaksana tugas, yakni Darmono, yang kini menjabat Wakil Jaksa Agung.
VIVAnews


Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template